Alibi Menag Yaqut Cholil Perihal Pilih Amin Bid'ah

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Kontroversi pidato Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas tengah hangat diperbincangkan di dunia perpolitikan tanah air.

Pemerintah RI Tetapkan 1 Syawal 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

Yaqut pun beri sedikit penjelasan ikhwal kelekar 'pilih Amin Bid'ah', sebab ucapan Yaqut tersebut dikaitkan dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang diakronimkan pasangan Amin.

Yaqut menepis kelakar tersebut ada kaitannya dengan Pilpres 2024. Guyon itu disampaikan Yaqut dalam konteks pegawai di lingkungan Kementerian Agama yang namanya ditambahkan 'Amin'.

Yusril Tanggapi Gugatan Anies dan Ganjar

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas

Photo :
  • viva.co.id

Penjelasan itu disampaikan Yaqut usai penandatanganan Nota Kesepahaman antara KPU dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga, PPATK dan OJK dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Jumat, 15 September 2023.

PKS Bakal Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024?

"Jadi, dulu ada Kepala Balitbang Kemenag namanya Suyitno, ketika MC manggil namanya kok ada tambahan Amin, itu. Kaget saya. Setahu saya namanya Suyitno, gak ada Amin-nya. Nah, saya bilang ini kok aneh ada nama Amin karena lagi ramai-ramai pilpres, kemudian begitu. Gak ada konteks apa-apa. Jadi, konteksnya bercanda," kata Yaqut.

Yaqut juga menjelaskan makna kata bid'ah yang tak selalu negatif. Sebab, menurut dia, kata bid'ah berarti novelty atau kebaruan dan creation. Menurut dia, persepsi orang bahwa bid’ah itu jelek.

Halaman Selanjutnya
img_title