Video Pengurus DKM Al-Jabbar Bawa Senjata Api Disorot Publik, Ono Surono Sentil Ridwan Kamil

Ketua DPD PDI P Jabar, Ono Surono
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Beredar sebuah video seorang pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Jabbar Bandung menenteng senjata api menuai sorotan publik. Diketahui pengurus DKM Al-Jabbar itu adalah Ujang Hamdun. Ia juga merupakan Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi.

Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil Ono Surono Duet di Pilgub Jabar

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono menyoroti video viral tersebut. Terlebih Ujang Hamdun merupakan seorang publik figur yang harusnya menjadi teladan bagi masyarakat. Tidak hanya itu, Ono Surono juga menyentil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menurutnya, seharusnya Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) lebih selektif dalam memilih pengurus DKM.

"Harusnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Ketua DKM Masjid Raya Al Jabbar memiliki kehati-hatian dalam memilih pengurus masjid," kata Ono pada Rabu, 29 Maret 2023.

Pentolan PDI Perjuangan dan PAN Ngopi Bareng Bahas Jawa Barat

Ono juga menyinggung soal radikalisme lantaran apa yang dipertontonkan dalam video itu adalah senjata yang indentik dengan aksi radikalisme. Menurut Ono, penyebaran paham radikalisme atau ideologi khilafah di Indonesia, cukup intensif dilakukan oleh para kelompok-kelompok radikal dan teroris di hampir seluruh wilayah Indonesia. 

Penyebaran radikalisme juga menyasar masjid-masjid yang digunakan untuk melakukan dakwah.

Pordasi Jawa Barat Kolaborasi dengan Pesantren Akselarasi Regenerasi Atlet Berkuda

"Pengurus masjid atau Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) memiliki peran dalam menangkal gerakan radikalisme di masjid masing-masing. DKM harus mampu mengembalikan fungsi masjid sebagai tempat pembinaan dan mempersatukan umat Islam. Bukan sebaliknya," ungkapnya.

Sementara itu, Ujang Hamdun sendiri telah membantah ada dugaan terafiliasi dengan kelompok teroris tertentu. Menurutnya, video itu dibuat untuk konsumsi pribadinya.

Halaman Selanjutnya
img_title