Kasatgas Hapus Sistem Sanksi dan Denda di Uji Emisi, Ini Kata Kadis LH

Kadis LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Polusi Udara resmi meniadakan denda dan sanksi tilang bagi kendaraan yang tak lulus Uji Emisi kendaraan di DKI Jakarta

Ridwan Kamil Terbuka Soal Kemungkinan Maju di Pilkada DKI Jakarta

Kepala Satgas (Kasatgas) Pengendalian Polusi Udara, Kombes Pol Nurcholis mengimbau masyarakat pengguna kendaraan baik R2 maupun R4 diminta untuk melakukan service rutin (berkala). 

"Iya untuk ke depan tidak ditilang, tidak lulus," kata Nurcholis kepada awak media, Selasa (12/9/2023) lalu.

PKS Bakal Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024?

Menurut Nurcholis, sistem sanksi dan denda yang awalnya dibebankan kepada masyarakat, kurang efektif dan menimbulkan sisi negatif. Karena itu, pihaknya hanya akan melakukan pendekatan persuasif dan edukatif.

Real Count KPU Terbaru: Anies-Muhaimin Unggul dari Prabowo-Gibran di Jakarta

Berkaitan dengan hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemdaprov DKI Jakarta, Asep Kuswanto menuturkan, meskipun sistem sanksi dan denda dihilangkan, pihaknya tetap berharap agar razia atau pemeriksaan Uji Emisi itu tetap dilaksanakan.

"Ya kami memang belum sempat berdiskusi sama Polda. Tapi kalau kami dari DLH pengennya tetap lanjut, karena memang bagaimanapun juga masyarakat itu harus diingatkan tentang pentingnya uji emisi untuk mengingatkan itu salah satu caranya dengan tilang," kata Asep kepada wartawan, Rabu (13/9/2023) lalu.

Halaman Selanjutnya
img_title