KH Ma’ruf Amin: Fatwa MUI Harus Dukung Kemerdekaan Palestina

Wakil Presiden Maruf Amin
Sumber :
  • screenshoot berita VivaNews

VIVA Jabar – Ma’ruf Amin Wakil Presiden menilai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) berkaitan dengan produk/perusahaan pendukung agresi Israel, diperlukan untuk mendukung kemerdekaan Palestina dan upaya menghentikan kebiadaban zionis Israel di Gaza.

MUI Ungkap Alasan Larang Film Kiblat Tayang di Bioskop

“Soal fatwa saya kira diperlukan dalam rangka mendukung kemerdekaan Palestina dan dalam rangka menghentikan kebiadaban zionis Israel di Gaza,” kata Ma’ruf di sela kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 16 November 2023. MUI, pada Jumat pekan lalu, mengeluarkan fatwa bahwa membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel ke Palestina hukumnya haram.

“Soal fatwa saya kira diperlukan dalam rangka mendukung kemerdekaan Palestina dan dalam rangka menghentikan kebiadaban Israel di Gaza,” kata Ma’ruf di sela kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 16 November 2023. MUI, pada Jumat pekan lalu, mengeluarkan fatwa bahwa membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel ke Palestina hukumnya haram.

MUI Larang Umat Islam Gunakan Produk Israel saat Ramadhan 2024

Reruntuhan Gedung di Palestina

Photo :
  • tangkapan layar berita VivaNews

Wapres mengatakan apa yang dilakukan militer Israel di Gaza disebut-sebut sebagai genosida atau pembunuhan massal. Maka harus ada upaya-upaya yang dilakukan oleh seluruh pihak dengan kapasitasnya masing-masing untuk menghentikan kebiadaban Israel itu, termasuk oleh MUI dengan mengeluarkan fatwa. “MUI selain memberikan bantuan, rapat akbar, maka fatwa. Hanya memang itu nanti pemerintah atau pihak tertentu harus juga menyeleksi (produk/perusahaan yang mendukung agresi Israel), sebab MUI kan tidak mengatakan perusahaannya apa saja,” katanya. Harus ada pihak yang menyeleksi perusahaan-perusahaan mana saja yang terafiliasi mendukung agresi Israel di Gaza, katanya, agar tidak merugikan banyak pihak.

Jokowi Siapkan Hercules untuk Gaza, Bantuan Jatuh dari Langit

“Sebab kalau tidak nanti ke mana-mana, supaya jangan merugikan banyak pihak. Oleh karena itu nanti ada pihak yang memberikan semacam (seleksi) bahwa ini yang termasuk dan ini tidak termasuk,” ujarnya.