KPI Somasi PT Semen Indonesia Gegara Lalai Kompensasi Lahan

KPI Somasi PT Semen Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Komunitas Pohon Indonesia (KPI) melakukan somasi terhadapPT Semen Indonesia(SIG/SMGR) soal kejahatan dalam memenuhi kewajiban pemberiankompensasilahan atas pinjam pakai kawasan kehutanan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Aksi Nyata Dedi Mulyadi Bantu Ketersediaan Beras Nasional

Ketua KPI, Dadi mengatakan, telah melayangkan surat somasi tersebut yang ditujukan langsung kepada Dirut PT Semen Indonesia.

Menurut Dadi, PT Semen Indonesia diduga kuat telah melakukan pelanggaran UU Nomor 32 Tahun 2019 Tentang Perlindungan dan Penglolaan Lingkungan Hidup.

Baru Jadi Komisaris Sebuah Perusahaan, dr. Richard Lee Siapkan THR Pilihan Juta

Kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Kehutanan, dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perencanaan Kehutanan, Perubahan Peruntukan Kawasan Hutan, dan Fungsi Perubahan Hutan Serta Penggunaan Kawasan Hutan.

“Bahwa kami Komunitas Pohon Indonesia adalah sebuah organisasi yang memimpin diri bergerak di bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan sesuai dengan AD/ART Organisasi serta telah melakukan aktivitas lebih dari 9 (Sembilan) tahun,” terang Dadi.

Ivan Gunawan Tak Peduli Teguran KPI, Kembali Ke Panggung Televisi

Berdasarkan hal tersebut, maka sesuai dengan ketentuan Pasal 92 ayat (1) ayat (2) dan ayat (3) Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Kehidupan, Dadi menyatakan bahwa mengizinkan untuk mengajukan atau bertindak secara hukum untuk kepentingan pelestarian Lingkungan Hidup.

“Dengan ini penyampaian somasi kepada Direktur Utama PT.Semen Indonesia (SIG) atas kelalaiannya dalam memenuhi salah satu syarat yang diberikannya Izin Pinjam Pakai/Persetujuan Pemakaian Kawasan Hutan (IPPKH),” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title