Dedi Mulyadi Bangun Ekosistem Kemandirian di Lembur Pakuan, Gunakan Biogas dari Peternakan

Dedi Mulyadi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kang Dedi Mulyadi (KDM) memulai membangun ekosistem kemandirian energi di kampung halamannya di Lembur Pakuan Subang. Kini sejumlah rumah di sana sudah mulai menggunakan biogas yang bersumber dari peternakan sapi.

Dedi Mulyadi Cek Keaslian Mahar Pasangan Nikah Agar Kasus Emas Palsu Tak Terulang

Seperti diketahui KDM sejak lama konsen dalam dunia peternakan, perikanan dan pertanian dengan membangun ekosistem organik di Lembur Pakuan. Ia menggerakkan seluruh warga untuk bersama-sama untuk membangun kemandirian.

Salah satu yang dirasakan manfaatnya saat ini adalah biogas yang berasal dari peternakan sapi KDM. Kotoran sapi dari tempat tersebut disalurkan ke lubang kemudian masuk ke bak penampungan untuk diendapkan dan diproses menjadi biogas.

Dedi Mulyadi Sebut Ada Kejutan Ditengah Gonjang-ganjing Pencalonannya di Pilgub Jabar

“Setelah mengandung gas maka dikeluarkan melalui pipa kemudian masuk ke dapur warga,” ujar KDM yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu.

Pria yang juga mantan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu ingin di waktu senggangnya tetap bisa bermanfaat bagi warga. Bahkan ia akan menambah jumlah sapi agar semakin banyak biogas yang bisa disalurkan ke rumah warga.

Dedi Mulyadi Sebut Pola Sosial Ekonomi Muhammadiyah Sunda Pisan

Keberadaan biogas tersebut sudah dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar. Mereka yang biasanya membeli gas ukuran 3 kg sebanyak tiga tabung dalam sebulan kini maksimal hanya membeli satu dalam sebulan.

“Kita tambah sapinya, 150 ekor sehingga mencukupi untuk 100 rumah warga. Dalam setiap bulan kebutuhan gas rumah tangga warga bisa berkurang, saya sudah bisa mensubsidi sekitar Rp 25 juta per bulan untuk warga,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title