Anies Sebut Pertanyaan Gibran pada Cak Imin soal SGIE Bisa Dijawab Google

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Calon presiden nomor urut 1 yakni Anies Baswedan ikut berkomentar atas pertanyaan sulit yang dilontarkan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka kepada Muhaimin Iskandar waktu debat cawapres pada Jum'at, 22 Desember 2023 malam.

Kalah dalam Pilpres 2024, PDIP Salahkan Jokowi

Saat itu, anak sulung Jokowi itu menanyakan strategi Cak Imin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE. Sayang, istilah SGIE belum dikenal luas hingga Cak Imin juga belum paham artinya.

Merespon hal tersebut, Anies Baswedan mengatakan pertanyaan yang menggunakan terminologi teknis seperti itu bisa dijawab dengan google. Anies berpendapat harusnya pertanyaan sudah ada di level substansi.

Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun dan Bisa Dipilih 2 Kali

"Jadi ketika pertanyaan adalah soal terminologi teknis, pada level ini bisa dijawab dengan Google sebetulnya. Karena yang dibutuhkan dalam tingkat kepemimpinan nasional adalah hal-hal yang subtantif," ujar Anies kepada awak media di JCC, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

Menurut Anies, pertanyaan seperti yang dilontarkan Gibran tersebut sah-sah saja. Tapi kualitas pertanyaan biar publik yang menilai.

Pemilu Usai, Anies Baswedan akan Lakukan Ini

"Menurut saya, sebagai pertanyaan itu sah. Tetapi publik bisa menilai, kualitas pertanyaannya adalah kualitas pertanyaan aspek technicality, bukan aspek substansi," jelasnya.

"Padahal, makin tinggi posisi makin berfokus pada substansi. Dan di tingkat kepemimpinan nasional itu pada tingkat substansi," sambungnya.