Media Asing Juluki Gibran Nepo Baby, Ini Artinya

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA JabarCawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka ternyata tidak hanya menjadi sorotan media nasional, tapi juga media internasional. Ini lantaran putra sulung Presiden Jokowi itu mencalonkan diri sebagai wakil presiden di usianya yang sangat muda.

Dihujani Pertanyaan Seputar Pilkada, Jokowi Minta Wartawan Tanya ke Partai

Namun, media asing justru kritis dalam melihat sosok Gibran yang di usia mudanya mencalonkan diri sebagai cawapres. Hal tersebut dikaitkan dengan status Gibran sebagai anak Presiden. Karenanya, media asing seperti Al-Jazeera menjuluki Gibran sebagai Nepo Baby.

Dilansir dari viva.co.id, Nepo Baby sendiri adalah singkatan dari Nepotism Baby, atau bayi nepotisme. Istilah ini merujuk pada hak istimewa seseorang karena mendompleng nama besar keluarganya.

Kalah dalam Pilpres 2024, PDIP Salahkan Jokowi

Sementara nepotisme sendiri merupakan tindakan mengunggulkan seseorang bukan karena semata-mata kemampuannya sendiri, tapi juga karena identitasnya, seperti latar belakang keluarga.

Istilah Nepo Baby sendiri mulai familiar di awal 2023 lalu setelah sejumlah anak-anak dari aktor atau aktris Hollywood berhasil mengikuti jejak orangtuanya dan memiliki karier sukses di dunia hiburan. Namun, istilah tersebut diikuti dengan stigma negatif karena karier mereka mendompleng nama keluarga atau orangtua mereka.

Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun dan Bisa Dipilih 2 Kali

VIVA merilis beberapa nama public figure yang dimasukkan ke dalam daftar nepo baby, antara lain Colin Hanks, putra dari Tom Haanks dan Rita Wilson. Ada juga Lily Rose Depp, putri dari Johnny Deep. Lily Collins putri dari musisi kenamaan Phil Collins.

Tak cukup sebatas julukan dengan stigma negatif, Nepo Baby ternyata memiliki tingkatannya sendiri sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
img_title