Menjunjung Etika, Mahfud MD Berikan Langsung Surat Pengunduran Diri ke Presiden Jokowi

Mahfud MD
Sumber :
  • screenshoot berita VivaNews

VIVA Jabar – Calon wakil presiden atau caawapres nomor urut 3, Mahfud MD sudah menyiapkan surat pengunduran diri dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI. Ia ingin memberikan langsung surat tersebut kepada Presiden Jokowi.

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

"Hari ini saya sudah membawa surat untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya," kata Mahfud di Lampung Tengah, Rabu, 31 Januari 2024.

Dia bilang surat itu akan disampaikan begitu dirinya dapat jadwal bertemu langsung dengan Jokowi. "Tapi, saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu, begitu saya ketemu langsung, saya sampaikan surat ini," lanjut Mahfud.

Puan Maharani Enggan Tanggapi Isu Pengambilalihan Kursi Ketum PDIP

Menurut dia, dengan berikan surat pengunduran diri secara langsung ke Jokowi merupakan etika yang baik. Sebab, kata dia, Jokowi sebelumnya memberikan amanah dan tugas kepada Mahfud untuk menjabat Menko Polhukam dengan penuh kepercayaan.

"Sekali lagi, harus atau bersikap 'tinggal gelanggang colong playu', yaitu tadi karena etika. Etika itu adalah ekspresi dari moral. Etika itu adalah ekspresi dari kejujuran,” tutur Mahfud.

Istana Tegaskan Jokowi Tak Ikut Campur Pembentukan Kabinet Prabowo-Gibran

“Etika itu adalah ekspresi dari penghayatan keagamaan, dan kesantunan budaya. Saya hanya akan menyampaikan surat singkat saja. Dengan itu tadi saya dulu diangkat dengan hormat, menerima pengangkatan dengan hormat, saya akan pamit dengan penuh kehormatan juga kepada beliau," ujar Mahfud. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto juga sudah bicara soal Mahfud yang mau mundur dari posisi Menko Polhukam. Dia bilang ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri sudah beri restu ke Mahfud untuk mundur dari kabinet pemerintahan Jokowi.

Halaman Selanjutnya
img_title