Ricuh, GP Ansor Tolak Pengajian Syafiq Riza Basalamah di Surabaya

Pengajian Ust. Syafiq Riza Basalamah ricuh di Surabaya
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Gerakan Pemuda (GP) Ansor menolak pengajian ustadz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya.

PBNU Tetapkan 1 Ramadan 1445 H pada Selasa 12 Maret 2024

Akibat penolakan tersebut, suasana menjadi ricuh hingga diwarnai saling pukul. Alhasil, pengajian tersebut bubar.

Tim VIVA Jabar mendapat informasi bahwa beredar sebuah video yang berantai melalui aplikasi WhatsApp yang memperlihatkan ketegangan di dalam masjid. Terlihat dalam video itu, ada oknum berseragam Banser. Terdengar pula teriakan dalam keributan tersebut.

Ustaz Syafiq Basalamah Dilarang Ceramah di Surabaya, GP Ansor Tuding Provokatif

Ustaz Syafiq Basalamah.

Photo :
  • viva.co.id

"Banser obrak-abrik masjid (pembubaran tabligh akbar Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, M.A oleh Banser, 22 Februari 2024)," tulisan yang menyertai video keributan tersebut.

Ketua GP Ansor Lampung Selamat dari Teror Bom Molotov

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Gunung Anyar, Asyiqun menjelaskan peristiwa tersebut terjadi karena adanya penolakan dari warga Nahdlatul Ulama (NU) di daerah setempat karena pengajian itu menghadirkan Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

Karena ditolak warga, pihak Kepolisian Sektor Gunung Anyar melakukan mediasi, beberapa jam sebelum jadwal pengajian dimulai. Pihak panitia dan perwakilan warga yang menolak, juga dari Ansor, hadir. Dalam mediasi, disepakati bahwa pengajian tersebut dibatalkan.

Halaman Selanjutnya
img_title