Ustaz Syafiq Basalamah Dilarang Ceramah di Surabaya, GP Ansor Tuding Provokatif

Ustaz Syafiq Basalamah.
Sumber :
  • viva.co.id

JabarUstaz Syafiq Basalamah, salah satu penceramah kondang di Indonesia, harus menelan pil pahit saat hendak mengisi pengajian di Masjid Assalam, Surabaya, pada Kamis, 22 Februari 2024.

Ustaz Khalid Basalamah Tegur Orangtua yang Ajakan Anak Puasa Setengah Hari

Pasalnya, acara yang sudah dijadwalkan sejak lama itu dibatalkan secara sepihak oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor, organisasi sayap Nahdlatul Ulama (NU).

Alasan GP Ansor menolak kehadiran Ustaz Syafiq adalah karena mereka menganggap ceramah-ceramah yang disampaikan oleh Ustaz Syafiq bersifat provokatif dan menghasut.

Perjalanan Spiritual Ragnar Oratmangoen hingga Putuskan Mualaf

GP Ansor bahkan mengeluarkan surat nomor 013 PAC-X1-01-19/SR-02/2024 yang menyatakan sikap mereka untuk tidak mengizinkan Ustaz Syafiq berceramah di wilayah Surabaya.

Ustaz Syafiq, yang dikenal sebagai penceramah yang taat dan berilmu, merasa kecewa dengan sikap GP Ansor yang dinilai tidak toleran dan anti-Islam.

Cerita Dian Sastro, Jadi Mualaf Karena Bertanya Soal Kiamat

Namun, ia tidak mau membalas dengan cara yang sama. Ia justru memilih untuk bersikap sabar dan berdoa agar Allah memberi hidayah kepada GP Ansor.

“Buat temen-temen yang udah hadir di Masjid Assalam, ana berangkat udah dari jam 1 (siang) sampe sebelum maghrib dengan harapan bisa isi kajian, tapi ternyata takdir Allah berkata lain,” ujar Ustaz Syafiq di Instagram pribadinya dilihat Jumat 23 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title