Usai Baku Tembak di Papua, 5 Personil TNI Dinyatakan Hilang Kontak

Kasum TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Sempat terlibat baku tembak dengan Kelompok Separatis Teroris (STP) di Mugi-Man Kabupaten Nduga, Papua, pada Sabtu, 15 April 2023 lima prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih belum diketahui keberadaannya.

Perwakilan Papua dan Sumatera Hadir Lagi, Inilah 18 Klub Peserta Resmi Liga 1 2024-2025

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan mengatakan bahwa pihaknya masih terus melakukan upaya pencarian terhadap lima Satgas Yonif R/321 GT yang hilang kontak itu.

“Sampai siang tadi masih dilakukan pencarian. Tinggal lima yang terakhir (prajurit TNI),” kata Bambang di Halaman Monas, Jakarta Pusat pada Senin, 17 April 2023.

Cerita Rey Mbayang Nyaris Meregang Nyawa di Papua saat Diving

Sedangkan 4 prajurit lainnya, menurut Bambang, sudah ditemukan dan kembali ke pos masing-masing. Dalam keterangannya Bambang juga mengatakan bahwa 4 prajurit tersebut dalam keadaan sehat dan baik.

“4 orang sudah kembali itu, sudah kembali ke posnya masing-masing. Sehat. Jadi yang berita simpang siur banyak, jadi itu tidak benar,” ujarny.

Bobon Santoso Berencana Jual Alphard untuk Biayai Proyek Kuliner di Papua

Sementara, Bambang memastikan Prajurit TNI yang gugur akibat kontak tembak dengan kelompok separatis teroris Papua hanya satu orang yaiti Pratu Miftahul Arifin. Saat ini, ia menyebut belum bisa melakukan evakuasi karena faktor cuaca.

“Sampai tadi siang belum bisa diambil karena memang disana cuacanya tidak menentu, kadang-kadang satu hari hanya dua jam cerah abis itu tertutup kabut. Jadi, untuk pengambilan jenazah helikopter kan kita tidak bisa langsung merapat. Karena memang di samping cuaca, medannya bukan medan datar. Ya itu memang kendala utama,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title