Prabowo Menang, Amerika Belum Berani Ucapkan Selamat

Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Sumber :
  • IG Potus

Jabar –Meskipun Prabowo Subianto telah mengklaim kemenangan dalam pemilu presiden Indonesia 2024, Amerika Serikat masih belum memberikan ucapan selamat kepadanya. Gedung Putih hanya mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas suksesnya pemilu, dan mengatakan akan terus memantau proses penghitungan suara.

Dedi Mulyadi Yakin MK Tolak Gugatan PHPU Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Sah Sebagai Pemenang

"Kami mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia atas suksesnya pemilu. Presiden (AS) menantikan keterlibatan awal dengan pemerintahan baru dan memperkuat kerja sama kita dalam kemitraan strategis,” kata John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dalam pengarahan Gedung Putih melansir VIVA, Jumat, 7 Maret 2024. 

Kirby tidak menjawab secara langsung apakah AS telah mengakui kemenangan Prabowo, yang saat ini unggul jauh dari rivalnya, Anies dan Ganjar. Berdasarkan data sementara, Prabowo mendapatkan hampir 59% dari lebih dari 150 juta suara yang masuk.

Ruhimat-Agus Masykur Jilid 2? PKS Subang Usulkan 3 Nama Bakal Calon Bupati ke DPP

Kirby hanya mengatakan bahwa AS telah memiliki hubungan yang baik dengan Prabowo sejak ia menjabat sebagai menteri pertahanan di era Jokowi, dan berharap dapat melanjutkannya jika ia terpilih sebagai presiden.

"Kami telah menjalin kerja sama yang sangat baik dengan dia (Prabowo) sejak dia menjabat sebagai menteri pertahanan, dan jika dia akhirnya terpilih, maka kami berharap dapat melanjutkan hubungan itu,” kata Kirby. 

Presiden Korea Selatan Ucapkan Selamat kepada Prabowo Subianto

Prabowo sendiri dikenal sebagai sosok yang dekat dengan AS, terutama dengan pemerintahan Trump maupun Biden. Ia sering berkunjung ke negeri Paman Sam untuk membahas isu-isu pertahanan dan keamanan.

Namun, Kirby juga menegaskan bahwa AS tidak akan tinggal diam jika melihat adanya pelanggaran hak asasi manusia, hak-hak sipil, dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia. Ia mengatakan bahwa Presiden Joe Biden akan berani menyuarakan keprihatinan tersebut kepada pemerintah Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title