Antisipasi Cuaca Tak Terduga, BMKG Ajak Masyarakat Waspada Selama Mudik Lebaran

Ilustrasi Petugas BMKG Pantau Cuaca
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

Jabar –Di tengah persiapan mudik Lebaran 2024, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem yang berpotensi muncul selama periode pancaroba.

6 Tips Packing Koper untuk Perjalanan Mudik Lebaran

"Mudik lebaran itu bulan April ya, semoga berkurang ya, tapi itu masih pancaroba, masih pancaroba, jadi bisa mendadak gitu lo, kalau musim hujan mulai lagi terus,” ujar Dwikorita di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dengan transisi musim yang cepat, Dwikorita mengingatkan, "Kalau pancaroba itu paginya baik-baik aja gitu, eh tiba-tiba sore (hujan) deres gitu nah tapi itu kan bisa satu, ada peringatan dini jadi terus mohon memonitor aplikasi info BMKG."

BMKG: Cuaca Ekstrem Bisa Terjadi Sampai Mudik Lebaran

Masyarakat Indonesia, yang telah terbiasa dengan mudik di tengah hujan, diimbau untuk tetap memantau informasi dari BMKG.

"Yang penting monitor aplikasi info BMKG biar tahu nanti kami mudik lebaran ada jalur mudik, jadi setiap jalur mudik akan ketahuan yang kira-kira mau hujan, hujannya lebat atau tidak, itu akan tahu tiga jam sebelumnya," tambah Dwikorita, menekankan pentingnya perencanaan berdasarkan prakiraan cuaca.

Hujan Ringan Guyur Bandung dan Sekitarnya, Ini Prakiraan Cuaca BMKG

Dwikorita juga menyoroti bahwa fenomena cuaca ekstrem ini tidak hanya terbatas pada satu area, melainkan merata di seluruh Indonesia.

"Pulau Jawa ya hampir semua kan, di Indonesia hampir semua itu, karena memang meskipun kita menjelang masuk kemarau ya, tapi justru di pancaroba ini juga itu tadi terjadi peningkatan curah hujan tapi biasanya setelah siang ya, sore gitu, biasanya setelah sore itu baru terjadi," tutupnya, mengajak masyarakat untuk selalu waspada dan mengikuti informasi terkini dari BMKG.