Unik, Puluhan Emak-emak di Purwakarta Bagi-bagi Takjil Sayuran Segar

Puluhan Emak-emak di Purwakarta Bagi-bagi Takjil Sayuran Segar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Ada hal unik yang dilakukan oleh puluhan emak-emak di Kabupaten Purwakarta. Mereka membagikan takjil gratis kepada para pengguna jalan yang melinas di jalur protokol wilayah ini.

Hari Otda ke-28, Pemkab Purwakarta Dorong Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Namun, bukan takjil pada umumnya yang dibagikan emak-emak Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina Lestari (KWT) ini. Tapi, berupa sayuran segar yang dikemas cukup menarik dengan menggunakan box plastik. Sayuran tersebut, tak lain merupakan hasil dari perkebunan yang mereka kelola di sebuah demplop.

Penggagas KWT Bina Lestari, Eni Lestiorini menuturkan, kegiatan ini sengaja dilakukan pihaknya sebagai ajang silaturhami dengan masyarakat luas. Selain berbagi kebahagian di momen Ramadan, kegiatan ini juga sekaligus upaya untuk mengkampanyekan gemar bercocok tanam, terutama jenis sayuran kepada masyarakat.

Jadi Tuan Rumah, Pemkab Purwakarta Pastikan Kesiapan Venue Popwilda Jabar

"Takjil sayuran yang kami siapakan ada sekitar 600 paket. Melalui cara ini, kami ingin turut berbagi kebahagian kepada masyarakat," ujar Eni, Selasa (26/3/2024) sore.

Dalam pembagian Takjil gratis ini, kata Eni, terdiri dari beberapa item sayuran. Di antaranya, pakcoy, selada, Kangkung, Bayam, Sosin, Bawang merah, Labu madu, Mentimun dan Kacang panjang. Untuk kegiatannya sendiri, digelar di pusat kota. Yakni, sekitar Pasar Juma'ah di Jalan Jendral Sudirman.

Pemkab Purwakarta Utus 22 Kafilah di Ajang MTQ ke-38 Tingkat Provinsi

Menurut Eni, sebenarnya berkebun sayuran itu bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Ada banyak jenis sayuran bernilai ekonomis yang bisa ditanam secara mandiri.

Memang tak bisa dipungkiri, bagi sebagian masyarakat terutama yang ada di wilayah urban atau perkotaan cenderung merasa kebingungan untuk memulainya. Ketersediaan lahan mungkin yang jadi kendalanya.

Halaman Selanjutnya
img_title