Gandeng Dirjen PPI dan Dinas Pendidikan Serang, PosIND Luncurkan Prangko Seri Senjata Tradisional

PosIND Luncurkan Prangko Senjata Tradisional
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarPosIND menggandeng Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Dinas Pendidikan Kota Serang, Banten, secara resmi meluncurkan Prangko Seri Senjata Trasdisional dan Edukasi Melalui Prangko.

Keseruan Nobar Piala Asia U-23 di Posbloc Meski Timnas Dibuat Kandas Uzbekistan

Acara peluncuran prangko tersebut digelar di Hotel Aston, Serang, Banten itu mengusung tema “Mengenal Kebudayaan dan Cerita Rakyat melalui Prangko” merupakan salah satu upaya melestarikan warisan budaya Indonesia. Kegiatan dihadiri langsung oleh Dirjen PPI Wayan Toni Supriyanto, Direktur Pos Gunawan Hutagalung, Perwakilan Wali Kota Serang Kusna Ramdani selaku Asisten Pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sekretariat Daerah Serang, Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang Dr. H. TB. M. Suherman, serta Haris selaku Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PosIND.  

Peluncuran prangko ditandai dengan penandatanganan Sampul Hari Pertama (SHP) oleh Dirjen PPI Wayan Toni Supriyanto. Turut hadir dalam kegiatan perwakilan guru dan pelajar SMP Kota Serang. Dalam sambutannya Wayan menjelaskan desain Prangko Seri Senjata Tradisional tersebut. 

PosIND Buka Layanan Kargo Bagi Jamaah Haji Kirim Barang ke Tanah Air

“Kita semua telah menyaksikan Peluncuran Prangko Seri Senjata Tradisional yang ditandai dengan penandatanganan Sampul Hari Pertama berisi 4 (empat) desain prangko Senjata Tradisional yaitu Golok Ciomas (Koleksi Museum Sri Baduga), Kujang Ksatria (Koleksi Museum Sri Baduga), Mandau (Koleksi Museum Kapuas Raya), dan Rencong Meupucok (Koleksi Museum Aceh),” ungkap Wayan.

Prangko Seri Senjata Tradisional tidak hanya menampilkan gambaran senjata, tapi juga mencerminkan kekayaan budaya dan identitas yang mengakar dalam sejarah bangsa. Senjata-senjata yang dimuat menjadi simbol kekuatan spiritual, keberanian dan kebijakasanaan yang diperkaya dengan filosofi bangsa, serta cara pandang terhadap masa depan yang optimis.

PosIND Kirim Wing Box Bilah Selubung Garuda Istana Kepresidenan ke IKN

Pada kesempatan yang sama diadakan juga Edukasi Melalui Prangko dengan simulasi pembelajaran prangko. Melalui simulasi ini peserta yang terdiri dari perwakilan guru dan siswa SMP di Serang diberi pemahaman tentang sejarah prangko dan proses pengiriman surat. Selain itu peserta juga terlibat aktif dalam praktik menulis surat dan mengirimkannya menggunakan prangko.

PosIND Luncurkan Prangko Senjata Tradisional

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title