Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Besok, Hari Raya Idul Fitri Diprediksi Serentak

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar – Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar sidang Isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriyah besok, Selasa 9 April 2024. Namun, hari raya Idul Fitri diprediksi akan serentak.

Cara Klaim Saldo DANA Gratis Tanpa Aplikasi Penghasil Uang, Ikuti Panduannya!

"Sidang Isbat tetap kami laksanakan pada tanggal 9 April 2024, kata Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, dikutip pada  Senin (8/4/2024).

Saiful Rahmat Dasuki juga memprediksi bahwa hari raya idul Fitri 1445 Hijriyah tahun ini akan berlangsung secara serentak. Sebelumnya, Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

"Insyaallah Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan secara bersama-sama bagi seluruh umat Muslim di Indonesia. Tapi nanti akan kami konfirmasi lagi pada 9 April untuk melakukan Sidang Isbat di Jakarta," katanya.

Potensi lebaran serentak tersebut disebabkan terpenuhinya kriteria posisi hilal yang ditetapkan oleh Menteri menteri Agama negara Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia (Mabims). Adapun kriteria tersebut meliputi posisi hilal minim 3 derajat dengan elongasi 6,4 derajat.

Ziarahi Makan Dante di Hari Lebaran, Tamara Tyasmara Ungkap Kesedihan