Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Haedar Nashir
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan maklumat atau pengumuman terkait dengan penetapan 1 Syawal 1445 Hijriyah. Salah satu ormas Islam tertua di Indonesia itu menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriyah atau lebaran jatuh pada 10 April 2024.

Dedi Mulyadi Sebut Pola Sosial Ekonomi Muhammadiyah Sunda Pisan

Penetapan ini tentu saja dilakukan lebih cepat sebelum sidang Isbat yang biasa dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Menurut Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, penetapan tersebut dilakukan lebih cepat bukan karena ingin meninggalkan pihak tertentu. Melainkan karena Muhammadiyah memiliki model penghitungan sendiri.

Cara Klaim Saldo DANA Gratis Tanpa Aplikasi Penghasil Uang, Ikuti Panduannya!

"Maklumat Muhammadiyah ini normal terjadi dilakukan, karena kami menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir melalui video di kanal YouTube Muhammadiyah Channel di Jakarta, dikutip pada Senin, (8/4/2024).

Kantor PP Muhammadiyah Jakarta

Photo :
  • Viva.co.id
Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

Haedar menambahkan bahwa penetapan Idul Fitri yang dilakukan lebih cepat dari pemerintah merupakan hal yang lumrah di kalangan Muhammadiyah. Menurutnya, Muhammadiyah sama seperti ormas Islam yang lain, juga mengeluarkan kalender sendiri yang di dalamnya terdapat tanggal-tanggal yang ditetapkan untuk kegiatan publik atau peringatan hari-hari tertentu.

Adapun perbedaan, menurut Muhammadiyah, harus menjadikan ummat Islam bersikap toleran dan saling menghormati.

Halaman Selanjutnya
img_title