Artefak Kuno Asal Indonesia Dikembalikan, Benarkah Hasil Curian?

Artefak asal Indonesia
Sumber :
  • tvonenews

VIVA Jabar – Sebanyak tiga artefak kuno asal Indonesia telah ditemukan oleh Kejaksaan Negeri Manhattan New York, Amerika Serikat dan akan dikembalikan ke Indonesia. Namun benarkah ketiga benda-benda tersebut merupakan hasil curian?

Terancam Punah, Lebih dari 500 Penyu Terdampar di Pantai Afrika Selatan

Menurut keterangan media Voice of America (VOA) yang dilansir dan diberitakan pada kanal YouTube TvOneAi, diduga benda-benda kuno ini merupakan hasil curian serta perdagangan illegal yang dilakukan oleh sindikat kejahatan barang antik Internasional.

“Ini merupakan hasil investigasi kriminal secara bertahun-tahun yang dilakukan oleh penyelundup terkenal bernama Subhash Kapur yang memperdagangkan barang antik”. Ungkap Matthew Bogdanos saat diwawancarai di kantor Kejaksaan New York.

Gedung Putih Beri Mandat NASA untuk Membuat Zona Waktu Bulan

Artefak berbentuk patung Budha bertahta yang terbuat dari perunggu dengan berukuran 11,75 - 8 inch, patung Dewa Wisnhu berukuran 4-10,5 inch, serta sebuah ukiran batu dengan ukuran 18 - 12.5 inch ini diperkirakan bernilai 450.000 dollar atau sekitar 7 hingga 8 Miliar rupiah.

Sementara itu Winanto Adi, KJRI (Konsulat Jendral Republik Indonesia) yang berada di Amerika menuturkan bahwa dirinya akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak yang turut membantu proses pengembalian ketiga benda kuno Zaman Majapahit itu.

Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam Disorot Media Amerika Serikat

Dia juga menegaskan bahwa dialah yang akan menyerahkan secara langsung kepada Kementerian Luar Negeri untuk selanjutnya akan diserahkan kepada Kementerian Kebudayaan.