Perampingan Kelas Pada BPJS Kesehatan, Begini Ketentuannya

BPJS Kesehatan
Sumber :

VIVA Jabar – Sebagai lembaga jaminan sosial di bidang kesehatan, BPJS Kesehatan telah mendapat instruksi untuk menghapus klasifikasi kelas layanan kesehatan pada masyarakat.

Prediksi Presiden Jokowi Soal Pertandingan Indonesia Vs Filipina

Kedepan, klasifikasi kelas layanan yang sebelumnya terdapat Kelas 1, 2, dan 3 ini akan dirubah dengan sebutan KRIS (Kelas Rawat Inap Standart).

Instruksi tersebut telah resmi diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 59 Tahun 2024.

Kabar Gembira! Pemerintah akan Cairkan Bansos Sebesar Rp.9 Triliun, Ini Jadwalnya

Dilansir dari arsip salinan yang telah terbit melalui JDIH Setneg (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Sekretariat Negara) pada Senin (13/5/2024). Pada Pasal 46A di dalam Perpres tersebut, turut diatur tentang ketentuan standart ruang rawat inap.

Dimana berdasarkan pasal tersebut, Terdapat 12 kriteria ruang rawat inap yang harus dipenuhi oleh Rumah Sakit atau Penyelenggara Layanan Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Pemerintah Siapkan Rp.9 Triliun untuk Dibagikan pada Masyarakat Indonesia, Cek Jadwal Pencairannya

Di antara kriteria tersebut meliputi hal sebagai berikut;

Bangunan rawat inap tidak boleh memiliki tingkat porositas yang tinggi. Terdapat ventilasi udara, pencahayaan ruangan, kelengkapan tempat tidur, termasuk temperatur ruangan.

Halaman Selanjutnya
img_title