AS Bantah Rencana Militer Nuklir di Korea Selatan di Tengah Kecaman Global

MIliter, Rudal Balistik Nuklir Korut
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

Jabar – Drama nuklir internasional mengambil panggung utama saat Amerika Serikat membantah keras kabar yang menyebutkan akan menyebarkan senjata nuklir strategis di Korea Selatan dan negara-negara di kawasan Indo-Pasifik.

Ini Dia Dua Kandidat Terkuat Pelatih Baru Timnas Korea Selatan, Ada Shin Tae-yong?

Pernyataan penegasan ini datang sebagai tanggapan atas kecaman hebat dari Republik Rakyat Tiongkok terhadap rumor yang dapat meningkatkan ketegangan di kawasan.

Sebelumnya, dikabarkan oleh VIVA bahwa Amerika berencana menempatkan senjata nuklir di Korea Selatan sebagai respons terhadap agresi militer yang berkelanjutan dari Korea Utara.

Erick Thohir Persilahkan Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia

Niat ini, yang disampaikan oleh Senator AS dari Partai Republik, Roger Wicker, telah memicu perdebatan sengit tentang keseimbangan kekuatan dan stabilitas regional.

Sementara rezim Kim Jong-un di Korea Utara menanggapi dengan meningkatkan aktivitas militernya, termasuk pengujian rudal balistik dan upaya peluncuran satelit mata-mata yang gagal, Malligyong-1-1, Amerika Serikat menegaskan kembali komitmennya terhadap perdamaian.

Belum Tanda Tangan Kontrak, Shin Tae-yong Bakal Balik Lagi Jadi Pelatih Korea Selatan?

Namun, China, melalui Juru Bicara Kedutaan Besar China di Washington, Liu Pengyu, menyatakan bahwa rencana tersebut malah akan memperburuk situasi, bukannya memperbaikinya, dan mengancam stabilitas di Semenanjung Korea dan wilayah Indo-Pasifik secara lebih luas.

Di tengah tuduhan dan asumsi, Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan pernyataan resmi yang menegaskan bahwa tidak ada kebijakan saat ini atau rencana masa depan yang melibatkan pengiriman senjata nuklir ke Semenanjung Korea atau Indo-Pasifik.

Halaman Selanjutnya
img_title