Menkumham Yasona Laoly Ultimatum Notaris Jangan Beratkan Masyarakat

Menkumham Prof. Yasonna H. Laoly, S.H., M.Sc, Ph.D
Sumber :
  • Istimewa

VIVAJabar - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melantik dan sumpah jabatan Pengganti Antar Waktu Majelis Pengawas Pusat Notaris, Pengganti Antar Waktu Majelis Kehormatan Notaris Pusat Periode 2022-2025, Pengganti Antar Waktu Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Periode 2022-2025 dan Pelantikan dan Sumpah Jabatan 

Kanwil Kemenkumham Jabar Bawa Kades/Lurah Borong Penghargaan Paralegal Justice Award 2024

Majelis Pengawas Konsultan Kekayaan Intelektual 2024-2027. 

Dalam kesempatan ini, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Menkumham), Prof. Yasonna H. Laoly, S.H., M.Sc, Ph.D, memberikan amanat, salah satunya dengan meminta notaris mendukung tercapainya iklim yang kondusif bagi para pelaku usaha serta investor.

Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Siap Tampil di Laga Timnas Indonesia Lawan Irak!

Permasalahan mengenai notaris merupakan salah satu hal yang penting untuk dibahas. Bagi Menkumham, notaris merupakan garda terdepan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab profesinya, karena bersentuhan langsung dengan aktivitas masyarakat.

"Sebagai pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta authentic, notaris diharapkan memiliki kepekaan dalam melakukan due diligence. Hal ini untuk mewujudkan rasa aman bagi masyarakat pengguna jasa, maupun bagi notaris itu sendiri," kata Yasonna dalam paparannya di Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Kamis 6 Juni 2024.

Kemenkumham Buka Suara soa Dualisme Kepengurusan Ikatan Notaris Indonesia

Seperti diketahui, notaris merupakan bagian dari sistem negara karena kewenangannya diperoleh dari negara. Sebagai pejabat umum, notaris membantu mendukung jalannya administrasi pemerintahan dan menjadi ujung tombak kemajuan perekonomian Indonesia.

"Oleh karena itu, untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah harus beradaptasi dengan perkembangan masyarakat internasional yang terus menyempurnakan ketentuan hukum, demi tercapainya iklim yang kondusif bagi para pelaku usaha serta investor," kata Menkumham.

Halaman Selanjutnya
img_title