Isu Sandiaga Dampingi Ganjar, Ini Kata Pengamat Politik

Sandiaga Uno dan Ganjar Pranowo
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar - Sandiaga Uno digadang-gadang bakal diusung sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Pilpres 2024 mendatang. Kabar ini mencuat dalam Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne yang dikutip pada Selasa 2 Mei 2023.

Menjelang Pilkada 2024, PAN Subang Daur Ulang Strategi Politik

Pengamat Politik, Ray Rangkuti turut memperbincangkan konstalasi politik Pilpres 2024. Termasuk isu yang berkembang mengenai kemungkinan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai bakal Cawapres mendampingi Ganjar Pranowo.

Menurutnya, duet Ganjar – Sandiaga, menjadi isu menarik sekaligus juga sulit untuk bisa terjadi. Pasalnya, Sandiaga dinilai telah melukai Gerindra. Sandiaga Uno belum lama ini menyatakan pengunduran diri sebagai anggota partai dan melepaskan jabatannya sebagai Wakil Ketua Dewan partai besutan Prabowo itu.

Yusril Tanggapi Gugatan Anies dan Ganjar

Bila Sandiaga Uno diusung sebagai pendamping Ganjar, maka secara psikologis, kata Ray, Sandiaga Uno dinilai telah melukai Prabowo. Prabowo akan menjadi rival di Pilpres mendatang.

"Bagi saya itu sangat sulit, karena sama dengan melukai Gerindra dua kali lipat," kata Ray

Jelang Pilkada 2024, PKB Godok 7 Nama Calon Bupati Subang

"Dan, seperti tidak ada rasa empati dari PDIP dan Jokowi pada situasi psikologis yang dialami oleh Pak Prabowo. Oleh karena itu bacaan saya, Sandiaga itu kayaknya akan sulit dipasangkan dengan Ganjar di masa yang akan datang," tambah Ray.

Seperti diketahui, kemarin, PPP secara resmi telah mendeklarasikan diri dan menyatakan dukungan politik untuk Ganjar Pranowo sebagai Capres di Pilpres 2024. Sandiaga Uno diisukan bakal masuk kalkulasi politik bagi PPP untuk mendampingi Ganjar Pranowo.