Rakernas Tetapkan Ganjar Sebagai Capres Partai Buruh, Said Iqbal Bilang Begini

Said Iqbal
Sumber :

VIVA Jabar - Ada 4 nama kandidat Calon Presiden (Capres) hasil putusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Buruh. Mereka Ganjar Pranowo, Said Iqbal, Anies Baswedan dan Najwa Shihab.

Yusril Tanggapi Gugatan Anies dan Ganjar

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal membenarkan Ganjar Pranowo masuk bakal calon Presiden dan berada pada posisi teratas dari kandidat lainnya yang akan diusung sebagai Capres. Namun demikian, kata Said Iqbal, putusan itu belum bersifat final.

"Belum diputuskan Ganjar Pranowo, jangan salah. Tentang Pak Ganjar, nomor satu di Rakernas, itu betul, tapi belum diputuskan Pak Ganjar Pranowo," ujar Said Iqbal dalam peringatan May Day Fiesta 2023 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 1 Mei 2023.

PKS Bakal Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024?

Ia menyebutkan, hasil Rakernas akan dibawa pada tahap selanjutnya di internal partai. Ada mekanisme lanjutan setelah Rakernas dalam menentukan partai koalisi, yakni Konvensi yang diselenggarakan beberapa bulan ke depan.

"Partai Buruh hanya berkoalisi dengan capres yang nanti akan dipilih melalui rakernas, sudah selesai. Melalui konvensi Partai Buruh belum Juni, Juli, dan melalui presidium," jelasnya.

Soal Banyak Kasus Dugaan Penggelembungan Suara, KDM: Itu Terjadi di Pileg, Bukan Pilpres

Said Iqbal menegaskan, Partai Buruh konsisten dengan garis kebijakan partai. Partai Buruh menolak berkoalisi dengan partai politik pendukung Omnibus Law.

"Partai Buruh tidak akan berkoalisi dengan parpol yang setuju dengan Omnibus Law," pungkas Said Iqbal.