LSI Denny JA Rilis Survei Pilkada Purwakarta, Incumbent Anne Terancam

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA
Sumber :
  • Istimewa

VIVAJabar - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei terbaru terkait dinamika Pilkada 2024 di Kabupaten Purwakarta. Sosok incumbent yaitu Anne Ratna Mustika dari Partai Golkar terancam dengan kemunculan figur - figur baru yang dicanangkan maju di Pilkada salahsatunya yaitu Saipul Bahri Binzein.

Survei LSI: Om Zein Unggul dari Tingkat Kesukaan Masyarakat di Survei Pilkada Purwakarta 2024

Demikian temuan survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terkait dengan preferensi pemilih warga Purwakarta terhadap sejumlah kandidat yang akan maju di pemilihan bupati pada November 2024.

Hasil survei tersebut dipaparkan Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, kepada pers, Kamis 4 Juli 2024.

Profil Anne Ratna Mustika yang Tak Diinginkan Jadi Bupati Lagi di Purwakarta Hasil Survei LSI

Lanjut Toto, jika merujuk pada data elektabilitas para kandidat, yang potensial menimba berkah baik dari ketidakpuasan publik terhadap kinerja incumbent maupun dari mayoritas publik yang menginginkan bupati baru, adalah Saipul Bahri Binzein.

Toto menyebutkan, dalam simulasi 14 calon misalnya, Binzein memiliki elektabilitas 22,0 persen. Hanya terpaut kurang lebih 9 persen selisihnya dengan Anne Ratna sebagai petahana dengan 31 persen.

Survei LSI, Tingkat Kepuasan Bupati Purwakarta 2018-2023 Anne Ratna Mustika Anjlok

Dalam pandangan Toto, data ini sangat mengancam Anne Ratna sebagai petahana. Apalagi, jika Binzein berduet dengan Abang Ijo yang sudah memiliki elektabilitas 11,0 persen.

Toto membandingkan dengan kandidat lain yang elektabilitasnya dibawah 10 persen, dan bahkan dibawah 5 persen. Jadi secara elektabilitas, memang hanya Anne Ratna, Binzein dan Abang Ijo yang masuk dalam tiga besar.

Halaman Selanjutnya
img_title