Kabar Gembira! Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka 29 Juli 2024, Begini Cara Daftarnya

Kartu Indonesia Pintar Kuliah
Sumber :
  • Istimewa

VIVAJabar – Kabar gembira bagi mahasiswa atau calon mahasiswa yang berkeinginan untuk mendaftar sebagai peserta program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Pasalnya, program tersebut akan dibuka pada tanggal 29 Juli 2024 mendatang.

Mahasiswa Wajib Coba! 3 Aplikasi Penghasil Uang Tambahan

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Suharti selaku Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Suharti mengatakan, bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar dan belum pernah melakukan pendaftaran sebelumnya, pendaftaran KIP Kuliah 2024 akan dibuka kembali mulai tanggal 29 Juli sampai dengan 31 Oktober 2024.

Cara Nambah Saldo DANA dengan Pekerjaan Ringan, Bisa Dilakukan di Rumah

"Sementara itu, bagi 853.393 orang yang sudah melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024 sebelum sistem mengalami kendala, nantinya perlu mengklaim ulang (reclaim) akun KIP Kuliah masing-masing mulai tanggal 29 Juli 2024 sampai dengan 31 Agustus 2024," ucap Suharti pada 1 Juli 2024 seperti yang dirilis kemdikbud.go.id.

Pada rentang waktu tersebut pendaftar akan diminta melakukan klaim ulang di situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), serta melakukan pengunggahan kembali dokumen dan data dukung pendaftaran KIP Kuliah.

Klaim Saldo DANA Gratis dengan 5 Aplikasi Ini, Dijamin Dompetmu Tebal

Berikut langkah-langkah mendaftar KIP Kuliah 2024:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif (NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti.
  6. Selanjutnya, siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.