Presiden Jokowi Bakal Kucurkan Dana Rp800 Miliar Perbaiki 15 Ruas Jalan Rusak di Lampung

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA JabarPresiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan rusak parah di Provinsi Lampung. Menurut dia, anggaran untuk perbaikan 15 ruas jalan di Provinsi Lampung itu akan dikucurkan sebesar Rp800 miliar.

"Ya tahun ini, pemerintah pusat khusus untuk Lampung akan mengucurkan dana kurang lebih Rp800 miliar untuk 15 ruas jalan, termasuk Jalan Ruas Seputih Raman - Rumbia, Lampung Tengah," kata Jokowi saat meninjau Jalan Seputih Raman pada Jumat, 5 Mei 2023.

Jokowi menjelaskan pembangunan dan pengerjaan perbaikan jalan di Lampung akan dimulai pada Juni 2023. Sebab, kata dia, akan dilakukan proses tender dan lelang tender terlebih dahulu.

"Akan dimulai pembangunannya, perbaikannya pada Bulan Juni 2023 karena harus lelang dulu. Begitu saya lihat jalan rusak tadi, saya sudah perintahkan Menteri PU untuk lelang," jelas Jokowi.

Menurut Jokowi, masyarakat harus mengetahui bahwa perbaikan jalan itu ada tanggung jawab pemerintah setiap daerah untuk memperbaiki. Perbaikan jalan nasional itu dilakukan pemerintah pusat, jalan provinsi itu diperbaiki Gubernur dan jalan kabupaten/kota itu diperbaiki Bupati/Walikota.

"Nanti juga ada beberapa ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Gubernur dan Bupati di Lampung. Jangan semuanya dari pemerintah pusat," ucap Jokowi.

Dengan adanya perbaikan yang diambil alih pemerintah pusat, maka diharapkan masyarakat dapat terbantu. Sebab diketahui bersama, Jalan Ruas Seputih Raman dan Rumbia Lampung Tengah, sudah lama rusak dan tidak segera diperbaiki.