Saatnya Industri Minyak dan Gas Indonesia Menerapkan Teknologi AI

Ilustrasi Modernisasi Industri
Sumber :
  • Pinterest

Jabar, VIVA - Dalam era transformasi digital yang semakin pesat, berbagai industri telah mendigitalisasi bisnis di perusahaan masing - masing. Termasuk di dalamnya yaitu industri minyak dan gas yang merupakan sektor kompleks dan padat modal, dengan operasi risiko tinggi serta tantangan. 

4 Kebiasaan Ini Mampu Selamatkan Anda dari Ketergantungan Fitur AI

Dari eksplorasi, produksi, hingga supply chain, seluruh proses memerlukan pengelolaan yang teliti dan berkelanjutan. Untuk itu, penerapan teknologi digital, seperti IoT dan AI menjadi kunci untuk mengoptimalkan kinerja operasional. 

Dalam acara FGD (Focus Group Discussiomn) SKK Migas, 14-16 Agustus 2024, di Jakarta Convention Center, banyak pihak yang terlibat dalam diskusi dan memaparkan ide-ide dan solusi untk digitalisasi minyak dan gas. 

Konser Lifetime Tribute to Chrisye Digelar Pekan Depan, Segera Beli Tiketnya di Link Ini

 

Focus Group Discussiomn SKK Migas

Photo :
  • Istimewa
Samsung Galaxy S25 dan iPhone 16 akan Ramaikan Persaingan Smartphone Bertenaga AI

Salahsatunya adalah PT Telkom Indonesia yang pada event tersebut diwakili Senior Manager Research & Innovation Management, Dr. I Ketut Agung Enriko. Enriko memaparkan solusi IoT dan AI seperti misalnya monitoring sumur gas, sistem track & trace logistik, HSE video analitik, dan fire detection system. 

Menurutnya, riset tentang solusi - solusi tersebut dilakukan selama beberapa tahun dan diimplementasikan di lapangan oleh perusahaan minyak dan gas Nasional. Benefit dari implementasi sistem IoT dan fitur AI tersebut tentunya untuk meningkatkan produktivitas, penghematan bea operasional, dan percepatan proses bisnis perusahaan.

Halaman Selanjutnya
img_title