Presiden Terpilih Prabowo Subianto Diminta Bentuk Kementrian Kebudayaan

Indonesia
Sumber :
  • Pinterest/freepik.com

Jabar, VIVA - Lebih dari 200 tokoh terkemuka dari sektor kebudayaan dan ekonomi kreatif berkumpul dalam sebuah diskusi publik yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kebudayaan. Diskusi ini digelar untuk menyoroti urgensi pembentukan Kementerian Kebudayaan (Menbud) sebagai upaya memperkuat dan mengarahkan pengelolaan sektor budaya dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Prabowo Sebut Jabar Ngeri-ngeri Sedap, Dedi Mulyadi : Spontan

Beragam pemangku kepentingan, termasuk seniman, budayawan, akademisi, dan pelaku industri kreatif, yang bersama-sama mendiskusikan langkah-langkah strategis untuk merealisasikan Kementerian Kebudayaan. Kementerian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai badan yang khusus mengelola perkembangan sektor kebudayaan dan ekonomi kreatif yang semakin vital dalam membentuk identitas budaya serta mendukung perekonomian nasional.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Hilmar Farid menjelaskan, pembentukan Kementerian Kebudayaan sebagai upaya untuk mengelola kekayaan budaya Indonesia secara lebih terstruktur dan efektif. Indonesia, menurutnya, adalah negara dengan keanekaragaman hayati dan kekayaan budaya yang luar biasa. 

Dedi Mulyadi Doakan Prabowo dan Tegaskan Soal Pasangan Usai Golkar Dukung di Pilgub Jabar

“Kombinasi keduanya adalah potensi dan aset yang luar biasa yang perlu dilindungi, dikembangkan, dan dimanfaatkan agar bisa berkontribusi secara signifikan terhadap pembangunan nasional. Tugas mendesak kita adalah membangun ekosistem yang dapat mengelola aset penting ini secara optimal, melibatkan pemerintah, dunia usaha, dan komunitas,” ujarnya, Rabu 4 September 2024.

Indonesia

Photo :
  • Pinterest
Blak-blakan, KDM Ungkap Peran Prabowo Subianto dalam Karir Politiknya

Menurutnya, ini bukan tugas yang mudah karena memerlukan organisasi dan mekanisme yang tangkas untuk memimpin proses ini mengingat skala dan lingkup urusan, kompleksitas, serta sumberdaya yang tidak kecil. “Saya kira ide kementerian kebudayaan sudah tepat, tinggal merumuskan rincian tugas dan fungsinya sehingga tujuan besar itu bisa tercapai”, ungkap Hilmar.

Halaman Selanjutnya
img_title