Kronologi Ibu Hamil Meninggal Diduga Ditelantarkan Bidan, Versi Dinkes Muratara

Kronologi ibu hamil meninggal versi Dinkes Muratara
Sumber :
  • intipseleb.com

VIVA Jabar - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan (Sumsel) Dinkes Musi Rawas Utara (Muratara) melakukan penyelidikan menyusul tersiarnya kabar seorang ibu hamil diduga meninggal akibat bidan di puskesmas tersebut.

Tips Sehat Berpuasa bagi Ibu Hamil: Energi Penuh, Risiko Minim

Pelaksana (Plt) tugas Kadinkes Muratara Tasman Majid mengatakan, berdasarkan hasil informasi awal, tiga tenaga medis yang melayani pasien hamil sedang diperiksa oleh tim audit untuk mendalami dugaan kelalaian yang menyebabkan meninggalnya pasien ibu hamil tersebut.

Menurut Tasman, kejadian yang terjadi pada Selasa, 9 Mei 2023 itu bermula saat seorang pasien bernama Tika dibawa ke Pauh Medical Center oleh suaminya, Lika Santosa, pada pukul 22.45 WIB.

Dapat Sebut Bumil, Syahrini Positif Hamil?

Pukul 01.00 WIB, status Tika ada di delapan bukaan. Selama ini, kepala bayi belum turun dan cairan ketuban sudah bocor. 

“Setelah itu bidan memasang infus, dan keluarga diminta untuk menunggu sampai bukaan lengkap,” ujar Tasman saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 2 Juni 2023.

Ditolak RS Hermina, Pasien Kritis di Malang Tewas dalam Ambulans

Selain itu, pada pukul 03.20 WIB, Tika open state sudah penuh. Namun, belum ada tanda-tanda kemajuan. Baru pukul 05.00 WIB pihak puskesmas memindahkan pasien ke RS Ar Bunda Lubuklinggau.

Pasien diantar dengan ambulan. Namun sayang, saat tiba di rumah sakit sekitar pukul 09.00 WIB, nyawa Tika dan bayinya tak tertolong. Keduanya meninggal setelah kondisi Tika terus memburuk.

Halaman Selanjutnya
img_title