Heboh, Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Sebut Haji dan Umroh Cukup di Indonesia Saja

Ponpes Al Zaytun Indramayu
Sumber :
  • TikTok

VIVA Jabar - Beredar cuplikan pidato Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Syekh Panji Gumilang yang ditengarai kontroversial. Padahal sebelumnya, Ponpes ini cukup menyita perhatian publik tentang ajaran santri berzina dan penebusan dosa dengan uang. 

Tertangkap Basah Saat Curi Motor, Dua Mahasiswa Asal Indramayu Dikormas Warga

Video pidato Panji Gumilang tersebut mengenai tanah Indonesia yang suci. Dia bahkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengganti liriknya dengan Indonesia tanah yang suci. Dengan lantang, dia menyerukan Indonesia tanah suci. 

Bahkan, pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu itu menyatakan kepada para pendengar tidak perlu mati jauh di Tanah Suci Mekkah, karena tanah Indonesia juga suci. Karena itu, ia langsung menjadi perbincangan hangat di media sosial. 

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

“Indonesia tanah suci, nggak usah mau mati di tanah suci yang jauh, di Indonesia juga mati suci,” seru Syekh Panji Gumilang lewat kutipan akun YouTube Rezky Maisya Putra, dilansir dari viva.co.id

Menurut Pimpinan Ponpes Al-Zaytun ini, Indonesia tanah suci didasarkan dari lagu Indonesia Raya Stanza ke 3. Bukan hanya itu, ia membuat heboh publik setelah pernyataan yang kontroversial tentang tidak meyakini hadist Nabi Muhammad SAW.  

Ashanty akan Umroh di 10 Hari Terakhir Ramadan, Bakal Rayakan Lebaran di Tanah Suci

Panji Gumilang menambahkan, orang Indonesia yang tak menyadari bahwa Indonesia adalah tanah suci karena tidak pernah membaca lagu kebangsaannya. Ia mengutip lirik lagu Indonesia Raya yang menyebutkan Tanah Tumpah Darahku. 

"Tanah tumpah darahku itu artinya tanah suci. Kalau kamu tidak tahu itu artinya kamu tidak membaca lagu kebangsaanmu," tegas Panji Gumilang dalam tayangan video tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title