Melihat Tradisi Penyapu Koin Bertaruh Nyawa di Pantura Indramayu

Tradisi Penyapu Koin Bertaruh Nyawa di Pantura
Sumber :
  • Istimewa

Jabar – Pada momen libur lebaran kali ini Kang Dedi Mulyadi (KDM) berkeliling ke kawasan Pantura Jawa Barat tepatnya ke Kabupaten Indramayu. Di sini ia melihat langsung warga bertaruh nyawa demi mengumpulkan uang koin atau recehan.

Dedi Mulyadi Cek Keaslian Mahar Pasangan Nikah Agar Kasus Emas Palsu Tak Terulang

Tradisi ini bisa ditemukan di sepanjang Pantura Indramayu mulai dari Kecamatan Kandanghaur hingga Kecamatan Sukra. Berbekal sapu, warga berdiri di sepanjang jalan untuk berebut uang yang dilempar para pengendara yang melintas.

KDM yang melintas turut melempar sejumlah koin yang langsung jadi rebutan warga. Bahkan beberapa warga terus mengejar mobil KDM yang tidak henti melempar koin ke arah pinggir jalan.

Dedi Mulyadi Sebut Ada Kejutan Ditengah Gonjang-ganjing Pencalonannya di Pilgub Jabar

Tak lama KDM pun keluar dari mobil dan berbincang dengan sejumlah penyapu koin tersebut. Ternyata mereka sehari-hari memiliki pekerjaan sebagai buruh tani. 

“Karena belum mulai pekerjaan di sawahnya jadi terpaksa ke sini, mumpun hari lebaran juga. Musiman saja, setahun sekali,” ucap salah seorang penyapu koin.

Dedi Mulyadi Sebut Pola Sosial Ekonomi Muhammadiyah Sunda Pisan

Menurutnya pendapatan dari berburu koin dalam satu hari bisa mencapai Rp 50-100 ribu per orang. Namun jumlah tersebut sangat sedikit dibanding dengan lebaran tahun-tahun lalu.

Penyebabnya, kata dia, semakin banyak orang yang menjadi penyapu koin bahkan dari luar daerah pun turut datang mencari peruntungan. Tak hanya itu kini Pantura tak seramai dulu karena sudah ada Tol Cipali.

Halaman Selanjutnya
img_title