Dedi Mulyadi Bantu Warga Tuntaskan Masalah Sampah Menggunung di Pinggir Jalan Bandung

Sampah di Jalan Bandung
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kang Dedi Mulyadi (KDM) gerak cepat membantu warga untuk membersihkan sampah yang menggunung di sepanjang jalan Kampung Leuwibilik, Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Dedi Mulyadi: Saya Sudah Lama Jadi 'Gubernur'

Mulanya KDM yang sedang perjalanan ke Ciwidey tak sengaja melihat tumpukan sampah menggunung di pinggir jalan tersebut. Selain menggunung, kepulan asap pun terlihat dari tumpukan sampah yang dibakar.

Menurut warga sekitar sampah tersebut telah lama menggunung dan sempat viral setelah diunggah oleh salah seorang warga melalui akun tiktok @aheer_1983. Namun belum ada solusi yang pasti sehingga sampah masih menggunung.

DLHK Subang Minta Masyarakat Melaporkan Aksi Buang Sampah Sembarangan

Di lokasi KDM bertemu dengan Deni yang merupakan ketua RW setempat. Menurut Deni sampah tersebut berasal dari sejumlah warga dari berbagai desa yang melintas ke tempat tersebut.

Deni mengungkapkan, salah satu permasalahan saat ini adalah biaya angkut sampah yang mahal. Dalam sekali angkut harus mengeluarkan kocek hingga Rp 150 ribu.

Status Pernikahan Syifa dan Agung Sah Meski Terungkap Mahar Pakai Emas Palsu

“Cukup gak 10 truk? Paling Rp 1,5 juta sama (honor) yang angkut jadi Rp 2 juta,” ujar Kang Dedi Mulyadi.

Kang Dedi mengatakan, untuk sementara solusinya adalah membersihkan seluruh sampah yang masih menggunung. Setelah dibersihkan jangan ada lagi warga membuang sampah ke tempat tersebut yang juga bersebelahan dengan bibir sungai.

Halaman Selanjutnya
img_title