Jemaah Ka'batullah Indonesia, Khumaidi Sindir Islam Suwinti. Bela Ponpes Al-Zaytun? 

Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Salah seorang jamaah Ka'batullah Indonesia, Khumaidi menyindir umat islam yang diistilahkan dengan Islam Suwinti. Khumaidi tak menyebut pembelaan terhadap sejumlah fitnah yang diutarakan kepada Ponpes Al-Zaytun.

Melihat Tradisi Penyapu Koin Bertaruh Nyawa di Pantura Indramayu

Islam Suwinti, menurut Khumaidi, ialah mereka yang menganut Islam hanya sekedar membaca syahadat pada momen tertentu saja. Mereka tidak memahami cara menyelamatkan diri baik di dunia maupun akherat. Bahkan, mereka mudah mengucap ujaran kebencian kepada kelompok muslim lainnya.

"Suwinti itu sunat, kawin, mati,” kata Khumaidi saat menyampaikan sambutan dalam istighosah yang berlangsung di Pondok Pesantren Al Zaytun yang diunggah dalam akun YouTube Al Zaytun Official pada Kamis, 8 Juni 2023 dilansir dari viva.co.id

Tradisi Menyapu Uang di Jembatan Sewoharjo, Demi Memenuhi Kebutuhan Lebaran

Sebutan Islam Suwinti ini ditujukan kepada golongan orang yang dalam menganut agama Islam hanya bersyahadat pada saat-saat tertentu saja. Seperti ketika khitan, saat mengucap ijab kabul dan menghadapi kematian. 

"Hanya sunat baca syahadat, kawin syahadat, mati syahadat," sebut Khumaidi. 

Tertangkap Basah Saat Curi Motor, Dua Mahasiswa Asal Indramayu Dikormas Warga

Kelompok tersebut, sambung Khumaidi, tidak memahami hakikat dari agama Islam karena kelompok tersebut tidak mengetahui cara untuk menyelamatkan diri di dunia. Bahkan, mereka tidak paham soal bagaimana mencari keselamatan di akhirat setelah mati. 

"Tapi belum tahu apa hakikatnya Islam itu. Bagaimana supaya selamat di dunia, dan supaya selamat di akhirat," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title