Jusuf Hamka Tantang Kemenkeu, Siap Bayar Rp70 Triliun Jika CNMP Utang ke Negara

Jusuf Hamka
Sumber :
  • Tangkap layar

VIVA Jabar – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan, tiga anak usaha grup Citra yang dianggap terafiliasi perusahaan Jusuf Hamka memiliki utang kepada negara sebesar Rp 775 miliar. Utang itu berkaitan dengan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

7 Negara dengan Populasi Terkecil di Dunia: Kehidupan di Tempat yang Paling Tidak Padat

Merespons hal itu, Jusuf Hamka menepis tudingan tersebut dan siap mengganti 100 kali lipat atau sekitar Rp 70 triliun bila perusahaannya, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) mempunyai utang ke negara.

"Kan saya bilang, gua mau kasih 100 kali lipat, kalau itu bener bos, Rp 70 triliun. Iya dong, harus terbukti. Kalau enggak terbukti, bayar saya 1 rupiah saja cukup," kata Jusuf di kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Selasa, 13 Juni 2023.

7 Negara Paling Aman di Dunia, Maling Auto Gak Betah!

Jusuf juga membeberkan bukti bahwa dirinya bukan merupakan obligor. Pertama, dia menyebutkan bahwa dia tidak pernah masuk ke dalam daftar obligor selama tugas Satgas BLBI.

"Kedua, saya menang di MA (Mahkamah Agung). Kalau saya menang, misalnya saya punya utang, ngapain buat berita acara kesepakatan bos? Ngapain saya dipanggil (Kemenkeu)? Minta diskon pula," ujarnya.

8 Negara Eropa yang Rankingnya di Bawah Timnas Indonesia

Dia meminta agar Kemenkeu mau membayarkan utangnya. Disisi lain, dia hanya pasrah jika utangnya tidak akan dibayarkan.

"Sudahlah, jangan debat kusir. Utang ya utang, mau dibayar Alhamdulilah, enggak dibayar wasyukurillah, ngadu kepada Allah. udah gitu aja," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title