Geger, Aksi Massa Malah Disambut Santai Group Keroncong Al-Zaytun Dengan Lagu Salam Yahudi

Group Keroncong Ponpes Al-Zaytun Indramayu
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Aksi massa dari Forum Indramayu Menggugat (FIM) saat menggeruduk ponpes Al-Zaytun yang terjadi pada Kamis lalu, disambut santai oleh pihak Al-Zaytun. Bahkan, diantaranya tampil group keroncong dari internal Ponpes tersebut.

Melihat Tradisi Penyapu Koin Bertaruh Nyawa di Pantura Indramayu

Penampilan group keroncong terlihat dari unggahan video di sebuah akunt Sosmed TikTok, sebagaimana dilansir dari viva.co.id.

Dalam tayangan video itu, massa pendukung ponpes terus melantunkan asmaul husna dari dalam pagar pembatas Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Termasuk oleh Group Keroncong.

Tradisi Menyapu Uang di Jembatan Sewoharjo, Demi Memenuhi Kebutuhan Lebaran

“Pendemo Al Zaytun berorasi. Keroncong Al Zaytun menyanyikan lagu salam Havenu Shalom Alechem,” demikian keterangan video tersebut.

Tampak dalam video berdurasi satu menit 40 detik tersebut, grup keroncong dikelilingi oleh ratusan orang yang kompak bernyanyi, beberapa terlihat bertepuk tangan sambil melompat-lompat. 

Tertangkap Basah Saat Curi Motor, Dua Mahasiswa Asal Indramayu Dikormas Warga

Sebagai informasi, lagu tersebut merupakan lagu rohani Kristen yang sudah sangat populer. Dalam bahasa Ibrani, Havenu Shalom Aleichem memiliki arti ‘Semoga Damai Menyertaimu’. Namun, ada juga yang menyebutkan hal itu sebagai ucapan salam orang Yahudi.

Sebelumnya, lagu ini pertama kali dikenalkan Panji Gumilang kepada para santri-santrinya pada tahun 2022 lalu. Hal ini diungkap langsung oleh Lucky Hakim yang kebetulan saat itu masih menjabat Wakil Bupati Indramayu.

Halaman Selanjutnya
img_title