Panji Gumilang Sebut Masjid di Indonesia Dipenuhi Orang Putus Asa

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Seakan tak ada habisnya, Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang kembali melontarkan pernyataan kontroversial dalam sebuah ceramah. Teranyar, dia menyebut bahwa masjid merupakan tempat orang-orang putus asa. Sebaliknya, Panji Gumilang lebih terkagum dengan masjid yang ada di Vatikan.

7 Negara dengan Populasi Terkecil di Dunia: Kehidupan di Tempat yang Paling Tidak Padat

Dia mendasari ungkapannya ini dilihat dari cara umat Islam menggalang sumber kekuatan anggaran dalam pengembangan masjid. 

Panji Gumilang Lebih Kagum Masjid Vatikan

Melihat Tradisi Penyapu Koin Bertaruh Nyawa di Pantura Indramayu

Menurut Panji, kebanyakan masjid di Indonesia cenderung berharap dari kotak amal. Praktek ini, kata Dia, sangat memalukan. Dikatakannya, praktek ini sampai sekarang masih banyak dijumpai di masjid-masjid Indonesia karena memang belum memiliki donatur tetap.

Oleh karenanya, menyangkut hal di atas, Pria 76 tahun itu menyatakan masjid yang berada di Indonesia merupakan masjid yang dipenuhi orang-orang putus asa. Panji membandingkannya dengan masjid yang ada di Vatikan. Ia lebih tertegun dengan 'konsep’ masjid yang ada di Vatikan. Panji mengklaim Masjid di Vatikan adalah konsep masjid yang ideal.

Tradisi Menyapu Uang di Jembatan Sewoharjo, Demi Memenuhi Kebutuhan Lebaran

"Masjid itu adanya di Vatikan sana, di sini (Indonesia) tempat orang-orang putus asa, masjid-masjid itu,” ujar Panji Gumilang dilansir dari viva.co.id

Masjid Indonesia Bukan Sebagai Pusat Peradaban

Halaman Selanjutnya
img_title