Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang Sebut Garis Keturunan Nabi Muhammad Identitas Aneh

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang kembali menyampaikan ceramah kontroversial. Kali ini dia menyinggung garis keturunan Nabi Muhammad yang kini banyak dijumpai di Indonesia.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Dilihat melalui video yang dibagikan akun TikTok Hery Patoeng pada Sabtu kemarin. Pria 76 tahun itu dengan lantang menyebut bahwa nasab atau garis keturunan Nabi Muhammad SAW merupakan satu identitas aneh.

“Sekarang orang menonjolkan keturunan Nabi Muhammad. Aneh! Itu identitas aneh. Karena hidungnya mancung, terus ngaku-ngaku ‘saya habib’,” ujar Panji Gumilang, dikutip Minggu, 18 Juni 2023.

Said Aqil Siradj Tegaskan Politik Identitas Haram, Contohnya Aksi 212

Kemudian, dalam ceramah yang disampaikan di hadapan santri-santrinya itu, Panji Gumilang juga mengutip Alquran Surat Al Ahzab ayat 30. Terkait ayat ini, Panji beranggapan bahwa keturunan Rasulullah SAW sudah tiada.

“Nabi Muhammad sudah ngendiqo ‘maa kaana muhammadun abaa ahadin min rjaalikum’. Muhammad qui, duduk bapak daripada kaum lelakimu,” kata Panji.

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

Lebih lanjut, Panji menyinggung saat ini di Indonesia telah banyak dijumpai orang yang mengaku-ngaku keturunan Rasulullah SAW. Menurutnya, mereka yang mengaku sebagai keturunan Nabi SAW tidak memahami betul isi Alquran.

“Walaupun hidung mancung, ada sedikit brewok kemudian dia ngaku ‘saya berdarah (bernasab) nabi’ itu bisa paham kita itu, aneh orang ini, gak baca Alquran apa,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title