Terkuak Alasan Panji Gumilang Dirikan Ponpes Al Zaytun

Abdul Wahib adik Panji Gumilang
Sumber :
  • Muhammad Habib/tvOne

VIVA Jabar – Sosok pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Panji Gumilang, rupanya tidak hanya menjadi sosok yang penuh kontroversi. Panji Gumilang juga dikenal sebagai pribadi yang baik dan suka membantu masyarakat, khususnya membantu warga masyarakat yang ada di kampung kelahirannya di Dusun Siraman, Desa Sembunganyar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Kebiasaan Panji Gumilang yang gemar bersilaturahmi dan bersahabat itu diceritakan oleh adiknya yakni Abdul Wahib (64). Menurut Abdul Wahib hal itu dapat dilihat dari sejumlah foto dirinya dengan tokoh terkenal yang dipajang didinding rumah keluarganya di Gresik. Di antaranya foto bersama mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao, dan Perdana Menteri Mari Alkatiri yang ditaruh di ruang tamu.

“Semua foto itu kami pasang sebagai bukti kakak saya mengkedepankan silaturrahmi. Soal pemberitaan yang menyangkut dirinya semua itu tidak benar. Jadi mohon dicermati,” jelas Abdul Wahib, adik Panji Gumilang kepada awak media, Sabtu (24/6).

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

Sayangnya pihak keluarga Panji Gumilang belum berkenan, saat awak media akan mengambil gambar foto- foto yang terpajang rapi tersebut.

Adik Panji Gumilang juga sempat menceritakan alasan kakaknya mendirikan Pondok Pesantren Al Zaytun di Gantar, Indramayu.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

"Ini setelah menyelesaikan pendidikannya di Pondok Pesantren Gontor. Kata dari Gontor itu bila diucapkan orang Sunda berarti Gantar. Selanjutnya, mencari lahan di daerah tersebut untuk didirikan pondok pesantren yang saat ini berdiri," sambungnya.

Setelah menyelesaikan pendidikan di pondok pesantren Maskumambang, di Kecamatan Dukun Gresik, Panji Gumilang muda kemudian melanjutkan pendidikan keilmuanya ke Pondok Pesantren di Gontor Ponorogo. Tidak berhenti disitu saja, Panji Gumilang lalu melanjutkan lagi ke pendidikan tinggi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Halaman Selanjutnya
img_title