Ken Setiawan Kuliti Ajaran Sesat di Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang Dianggap Nabi

Ken Setiawan dan Panji Gumilang
Sumber :
  • Kolase tvOne

VIVA Jabar – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun di Indramayu menjadi perbincangan hangat karena dirasa memiliki ajaran yang sesat, di luar nalar, dan tidak masuk akal. Beberapa ajaran Al Zaytun yang tak masuk akal adalah mengubah syahadat.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Bahkan, pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang yang disebut mengubah kalimat syahadat itu. 

Mengubah Ucapan Kalimat Syahadat

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

Mantan pengurus Ponpes Al Zaytun yakni Ken Setiawan menguliti beberapa ajaran sesat yang ada di Al Zaytrun. Ken menyatakan, Pondok Pesantren Al Zaytun menganggap Indonesia masih jahiliyah.

"Barang siapa bernegara selain negara Islam maka dia kafir. Mereka menganggap Indonesia hukumnya masih jahiliyah. Pancasila, KUHP peninggalan penjajahan Belanda ini harus diganti dengan negara Islam," ujar Ken Setiawan, dilansir dari kanal YouTube ReligiOne, Selasa, 27 Juni 2023.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Lebih lanjut, Ken Setiawan menyatakan Al Zaytun juga mengubah rukun Islam yang pertama yakni mengucapkan syahadat. Katanya, Al Zaytun mengubah syahadat.

"Ajaran sesatnya dia telah mengubah rukun Islam. Rukun Islamnya sama, tapi syahadatnya ini yang diajarkan di gerakan teritorial," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title