Bukang Melarang Naik Haji, Begini Penjelasan Panji Gumilang Soal 'Tanah Suci'

Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA Jabar

VIVA Jabar – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang menjelaskan pernyataannya soal Tanah Suci berada di Indonesia. Dia hanya menyampaikan pada anak didiknya di pesantren bahwa pahami lah Indonesia sebagai Tanah Suci, bukan melarang untuk pergi naik haji.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

"Jadi narasinya bukan begitu, saya menyampaikan pada anak didik, pahamilah negaramu adalah sebagai tanah suci," kata Panji dikutip dari program Kick Andy, Rabu, 28 Juni 2023.

Panji beranggapan bahwa kata "Tanah Suci" yang di maksud adalah bukan yang ada di Mekkah. Melainkan, kumpulan tanah suci yang ada di negara Timur Tengah.

Ashanty akan Umroh di 10 Hari Terakhir Ramadan, Bakal Rayakan Lebaran di Tanah Suci

"Mengambil kumpulan tanah suci yang ada di Timur Tengah. Baitul Maqdis, tanah suci. Madinah adalah tanah yang bersinar, Indonesia adalah tanah berseri. Ini namanya tanah suci," kata Panji.

"Ini supaya tertanam bahwa kita ini mempunyai negara yang dikatakan tanah suci, tanah sakti, tanah berseri," sambungnya. 

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

Selain itu, Panji juga bermaksud memberi pengertian kepada orang-orang yang ingin wafat di tanah suci, Mekkah. Padahal, di Indonesia sendiri juga merupakan tanah suci.

"Kemudian ingin mati di tanah suci (Mekkah), tapi tidak mengerti Indonesia ini tanah suci. Saya mau memberi pengertian seperti itu, bukan melarang naik haji," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title