Usulan Nyeleneh Aktivis Pro Israel Soal Ponpes Nyanyikan Lagu Yahudi, MUI: Ngawur!

Aktivis Toleransi, Monique Rijkers
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA JabarAktivis pro Israel Monique Rijkers punya usulan nyeleneh agar setiap pondok pesantren atau ponpes bisa menyanyikan lagu Yahudi seperti Al Zaytun. Menurut Monique, itu cara untuk bertoleransi.

Pro Palestina, Mahasiswa di Bandung Gelar Unjuk Rasa

Menanggapi itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, Muhammad Cholil Nafis mengkritis keras omongan nyeleneh Monique. Dia menegaskan ponpes itu diajarkan seni Islam bukan seni Yahudi.

"Usulan ngawur ini! Di pesantren itu diajarin baca Alquran, hadis, ilmu-ilmu agama. Diajarin seni-seni Islam bukan seni Yahudi," kata Cholil dikutip dari VIVA, Rabu, 28 Juni 2023.

Milisi Iran Gempur Haifa dengan Rudal , Kota Terbesar Ketiga Israel dalam Ancaman Serius!

Sebelumnya, aktivis Pro Israel Monique Rijkers menyampaikan usulan agar setiap ponpes bisa mengikuti Al Zaytun yang menyanyikan lagu Yahudi. Bagi dia, Al Zaytun di bawah pimpinan Syeh Panji Gumilang mengajarkan toleransi.

Dia bilang apa yang dilakukan Panji mesti dicontoh ponpes lain. Dia menyarankan agar ponpes lain di Indonesia bisa memutar lagu dari agama Yahudi dan juga dari negara-negara lain non-arab.

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia Lolos ke Babak Selanjutnya di Piala Asia U-23

"Alangkah baiknya kan, kalau semua Pesantren bisa nyanyi lagu Yahudi, bisa nyanyi lagu Tionghoa, bisa nyanyi lagu India, bener nggak? Jangan hanya lagu bahasa Arab," kata Monique dalam Catatan Demokrasi tvOne, Selasa, 27 Juni 2023.

Adapun Ponpes Al Zaytun pimpinan Panji Gumilang tengah memantik kegaduhan karena ajarannya diduga menyimpang dari agama Islam. Beberapa pemahaman Al Zaytun jadi kontroversi dan menuat kritikan dari berbagai pihak.

Halaman Selanjutnya
img_title