Saat Pasukan Gabungan TNI-Polri Acak-acak Sarang OPM di Kepulauan Yapen

pasukan gabungan TNI di Papua
Sumber :
  • screenshot berita viva news

VIVA Jabar - Aparat gabungan Satgas Ops Damai Cartenz dan Polres Kepulauan Yapen telah berhasil mengrebek markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Kepulauan Yapen di Kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo.

Perwakilan Papua dan Sumatera Hadir Lagi, Inilah 18 Klub Peserta Resmi Liga 1 2024-2025

Dalam pengrebekan itu, aparat menemukan puluhan barang bukti, diantaranya 1 buah senjata api rakitan berbahan kayu menyerupai pistol dan 1 buah pistol korek api merk P, dan juga 1 buah rompi warna loreng dan juga bendera Bintang Kejora berukuran 25cm x 15cm, Jumat 16 Juni 2023.

Plh. Waka Ops Damai Cartenz, Kombes Pol. Joko Sulistio mengatakan, pengrebekan markas KKB di kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo ini, dalam rangka penindakan dan penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang mana diketahui beberapa waktu lalu telah melakukan tindakan kriminal dengan membakar alat berat (ekscavator) dan mengibarkan bendera Bintang Kejora pada tanggal 29 Mei 2023 lalu di kampung Woda, Distrik Rainbawi Kepulauan Yapen.

Cerita Rey Mbayang Nyaris Meregang Nyawa di Papua saat Diving

“Saat kita lakukan penggerebekan markas KKB di kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo ini, kami berhasil menemukan dan menyita senjata Api Rakitan dan puluhan barang bukti lainya,”kata Kombes Pol. Joko Sulistio, Minggu, 18 Juni 2023.

Lanjut dia, dalam pengerebekan tersebut, tidak ada warga yang diamankan. Sedangkan untuk barang bukti yang telah disita sudah diserahkan kepada penyidik Polres Kepulauan Yapen untuk dilakukan peyelidikan dan pemeriksaan selanjutnya.

Bobon Santoso Berencana Jual Alphard untuk Biayai Proyek Kuliner di Papua

Ditambahkan Sulistio, situasi keamanan di Kabupaten Kepulauan Yapen, secara umum aman dan kondusif, namun aparat keamanan dalam hal ini satgas Ops Damai Cartenz dan Polres Kepulauan Yapen masih terus meningkatakan patroli guna mencegah timbulnya gangguan-gangguan dari KKB yang dapat terdampak kepada aktivitas masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen.