Eks Orang Dalam Bongkar Borok Panji Gumilang, Singgung Soal Pelecehan di Al Zaytun

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang
Sumber :
  • Kolase tvOne

VIVA Jabar – Mantan Wali Santri yang juga pernah menjadi Pengikut Negara Islam Indonesia atau NII, Lenny Siregar, mengungkap sejumlah ajaran tidak lazim yang disebarkan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang. Leny mengatakan, bahwa ajaran Panji Gumilang dapat dikatakan 'nyeleneh'.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

"Sebelumnya saya sampaikan di sini saya membenarkan kalau dibilang nyeleneh, kenapa? untuk mengawalinya saya bukan sebagai eks Wali santri saja, saya sebagai orang dalam atau eks NII atau KW 9," kata Leny, dalam program Catatan Demokrasi tvOne, Selasa malam, 4 Juli 2023.

Leny mengatakan, dia sudah melihat ada keanehan dari ajaran yang disampaikan Panji Gumilang, salah satunya yaitu mengenai tidak wajibnya salat. 

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

"Dari dulu saya mengalami memang ini orang ngeyel, dari mulai salat itu sudah jadi rahasia umum tidak diwajibkan salat. Karena kita ini masih mazhab Mekah, satu itu yang kami alami," kata Leny.

Selain salat, keanehan lainnya adalah mengenai puasa. Dia mengatakan untuk puasa imsaknya ada di jam 06.00 pagi tidak mengikuti imsak pada umumnya yang ditetapkan sebelum subuh.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

"Kedua mengenai puasa, puasa itu jam imsaknya sempat ada fase sampai pukul 06.00 pagi, saya juga rancu di sini. Saya disampaikan ayat-ayat Ketika saya bertanya," ujar Leny.

Leny mengatakan, bukan hanya dirinya yang saat itu mengikuti Panji Gumilang, tetapi kedua anaknya pun disekolahkan di Al Zaytun. Namun semua itu dia sudahi setelah benar-benar merasa kan kejanggalan.

Halaman Selanjutnya
img_title