Begini Tanggapan Habib Rizieq Soal Ajaran Panji Gumilang di Al Zaytun Diduga Sesat

Panji Gumilang
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVa Jabar – Ulama Habib Rizieq Shihab ikut berkomentar soal ajaran diduga menyimpang Ponpes Al-Zaytun dan pernyataan kontroversial dari Panji Gumilang.

Jubir FPI Ungkap Alasan Habib Rizieq Menikah Lagi

Ponpes yang dipimpin oleh Panji Gumilang ini belakangan menuai beragam kritikan, mulai dari ajaran agama Islam yang diduga menyimpang hingga dikaitkan dengan Negara Islam Indonesia atau NII KW9.  

Ponpes Al-Zaytun Indramayu menjadi viral pertama kali setelah diketahui pada saat ibadah Salat Idul Fitri 1444 H mencampurkan jemaah wanita dan laki-laki dalam satu shaf hingga menjadi perbincangan publik.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Tak hanya itu, media sosial dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan gaya azan sholat jumat yang dikumandangkan oleh santri di Ponpes Al-Zaytun, tampak menggunakan gerakan tangan dan tidak menghadap kiblat.

Menanggapi isu kesesatan di Ponpes Al-Zaytun, ulama dan tokoh ormas Islam ini mengungkapkan soal Panji Gumilang menyebut Alquran itu dari Kalam Nabi Muhammad SAW.

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

"Ini pendapat Dholaal Mudhill, bahkan ini pendapat bisa masuk kategori kufron, karena nggak ada, ulama semua sepakat sampai  mu'tazillah sekalipun yang mengatakan bahwa Alquran itu adalah makhluk, tetap mengatakan Alquran itu Kalamullah," ujarnya yang dilansir dari Youtube Islamic Brotherhood Television.

Habib Rizieq Shihab menegaskan bahwa mu'tazillah saja yang mengatakan bahwa Alquran itu makhluk, tapi tetap mengatakan Alquran itu Kalamullah.

Halaman Selanjutnya
img_title