Viral Turun Salju di Mimika Papua, Begini Penjelasan dari BMKG

Salju di Papua
Sumber :
  • TikTok

VIVA Jabar – Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwi Christanto merespons soal video viral yang menampilkan salju turun di Tambang Grasberg, Kabupaten Mimika, Papua pada Minggu, 23 Juli 2023.

Viral! Kericuhan Dua Pemain Bali United Saat Dipermalukan Persib Bandung

Menurut Dwi suhu dingin yang terjadi di Mimika dan sekitarnya adalah normal dan kerap terjadi setiap tahun atau disebut siklus tahunan. Terlebih saat ini Mimika tengah berlangsung musim penghujan sehingga suhu terendah di Mimika bisa di bawah 22 derajat celcius.

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir, sebab suhu akan meningkat secara perlahan saat memasuki bulan Agustus.

Universitas Bandung Terbukti Selewengkan Dana KIP, APH Harus Bertindak

“Suhu hanya akan bertahan selama bulan Julia tau saat musim penghujan, nanti bulan Agustus suhunya mulai naik secara perlahan,” ujar Dwi kepada wartawan di Mimika, Selasa 25 Juli 2023.

BMKG mencatat mulai awal hingga 24 Juli kemarin curah hujan sebesar 384 mm. Sementara pada tahun 2022 lalu curah hujan Mimika sempat mencapai 700 mm.

Perwakilan Papua dan Sumatera Hadir Lagi, Inilah 18 Klub Peserta Resmi Liga 1 2024-2025

Terkait fenomena salju yang terjadi di Grasberg, Dwi juga menyebut akibat adanya angin Timur yang berhembus dari Australia.

“Jadi fenomena itu karena angin timuran, kedua bulan Juli di Mimika memasuki musim penghujan otomatis suhu udaranya dingin,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title