Dikaitkan dengan Ponpes Al Zaytun, Begini Pengakuan Hendropriyono

Mantan Kepala BIN, Jenderal TNI Purn Hendropriyono
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono mengaku heran lantaran namanya terseret dalam polemik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun. Sebab, dia menyebut sudah lama tidak berada dalam pemerintahan ataupun mengemban jabatan.

Jelang HUT Kemerdekaan RI Ke-79, Ketua Kominda Jabar Imbau Aparat Intelijen Tetap Waspada

"Kalau saya kan sudah orang zaman dulu, saya sudah di luar panggung ya. Begini saja (sudah di luar panggung) saya masih ditunjuk-tunjuk pegang Al Zaytun," kata Hendro di Jakarta, sebagaimana dikutip pada Kamis, 27 Juli 2023.

Hendropriyono menyebut, isu ponpes Al Zaytun dapat menggiring opini masyarakat untuk membenarkan suatu isu tertentu. Padahal, kata dia, isu tersebut belum tentu tepat.

Ilham Habibie Hadiri Peringatan Haul ke-30 Pendiri Ponpes Darut Tafsir Kiai Istichori Abdurrahman

Dia menegaskan isu terkait Al Zaytun itu juga seperti perang psikologis karena selalu saja berulang. Padahal, keterlibatannya dengan Al Zaytun sudah sangat lama, tapi permainan isu tersebut terus dilakukan.

"Ini sudah diputar-putar, [padahal] dulu enggak ada kumis saya. Sudah jelas saya pidato (terkait Al Zaytun) masih muda, masih keren, sekarang kan sudah aki-aki, tapi diputar-putar," katanya.

Dua Ustaz Pesantren di Agam Cabuli 40 Santri dari 2022

Pendiri Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) Imam Supriyanto telah memberi petunjuk soal sosok intelijen yang membekingi Ponpes Al Zaytun adalah ‘Pak Kumis’.

Hal ini dikatakan Imam saat hadir dalam program Catatan Demokrasi tvOne yang tayang pada Selasa, 20 Juni. Menurut Imam, sosok Pak Kumis adalah mantan petinggi Badan Intelijen Negara (BIN) yang namanya sudah masyhur di masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title