Kasus Mario Dandy. Aset Kekayaan Rafael Alun Terus Ditelusuri, Kini Istri dan Anaknya Diperiksa

Rafael Alun Trisambodo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Jabar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan penyelidikan terhadap kasus gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang melibatkan mantan pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo. Kali ini, istri Rafael dan kakak Mario Dandy menjalani pemeriksaan di gedung merah putih oleh KPK.

Pengacara Sebut Sekda Bandung Dipanggil Penyidik KPK Sebagai Tersangka Kasus Korupsi CCTV

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa pemeriksaan itu berlangsung pada Kamis 27 Juli 2023 kemarin. Pemeriksaan itu dilakukan guna mencari tahu aset harta mewah Rafael Alun lainnya yang hingga kini belum disita KPK.

"Para saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait kepemilikan berbagai aset-aset mewah Tersangka RAT yang disita," ujar Ali Fikri kepada wartawan, Jumat 28 Juli 2023.

KPK akan Panggil Tersangka Baru Kasus Korupsi CCTV dalam Proyek Bandung Smart City

Ali juga menyebut tak hanya istri Rafael, Ernie Meike Torondek dan kakak Mario Dandy, Christofer Dhyaksa Darma yang diperiksa KPK. Ada saksi lain yang berasal dari pihak swasta yakni Among Sandi Laksana dan Untuk Wijaya selaku Direktur CV Rajawali Diesel.

Mereka diperiksa KPK juga ingin diketahui pengetahuannya terkait dengan sumber uang Rafael Alun yang digunakan untuk membeli aset mewahnya.

KPK Kembangkan Penyidikan Kasus Korupsi CCTV, Sekda Bandung Disebut Jadi Tersangka Baru

"Selain itu didalami lebih lanjut sumber uang yang digunakan untuk membeli dan penggunaan nama dari aset dimaksud," kata Ali.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita dua puluh aset bidang tanah milik
mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo. Aset yang telah disita penyidik pun mencapai ratusan miliar.

Halaman Selanjutnya
img_title