Imbas Kasus Rafael Alun, Sejumlah Nama Pejabat Pajak Lain Terseret

Rafael Alun Trisambodo
Sumber :
  • Tangkap layar

Jabar – Imbas penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo terhadap Putra Pengurus Pusat GP Ansor, Cristalino David Ozora kini melebar ke sejumlah pihak. Terutama ayah dari Mario Dandy, yakni Rafael Alun Trisambodo yang kini telah dipecat dan diperiksa KPK.

Pengacara Sebut Sekda Bandung Dipanggil Penyidik KPK Sebagai Tersangka Kasus Korupsi CCTV

Rafael Alun harus menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK lantaran kepemilikan harta berjumlah fantastis. Hal tersebut dianggap tidak wajar mengingat status Rafael Alun sebagai ASN eselon III di Kementerian Keuangan.

Tidak hanya itu, Rafael Alun juga diketahui memiliki sejumlah transaksi bernilai Rp.500 miliar.

KPK akan Panggil Tersangka Baru Kasus Korupsi CCTV dalam Proyek Bandung Smart City

Berdasarkan analisis pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ditemukan bahwa istri Rafael Alun, Ernie Meike Torondek memiliki saham di dua perusahaan di Minahasa Utara.

Namun rupanya, tak hanya istri Rafael Alun. Menurut Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan mengatakan ada juga saham dari istri pejabat pajak Wahono Saputro.

KPK Kembangkan Penyidikan Kasus Korupsi CCTV, Sekda Bandung Disebut Jadi Tersangka Baru

"Dari hasil analisis kita di data LHKPN, ternyata saudara RAT (Rafael Alun) kan istrinya tercatat pemegang saham di dua perusahaan yang bergerak di Minahasa Utara, yang perumahan. Kita lihat detailnya ternyata ada lagi, bahwa perusahaan yang dua ini pemegang sahamnya selain istri RAT, ada lagi istri orang pajak juga, kita sebut namanya Wahono Saputro," ujar Pahala dalam jumpa pers, Jakarta pada Rabu, 8 Maret 2023.

Selanjutnya, Pahala juga mengungkapkan Wahono Saputro menyampaikan laporan LHKPN senilai Rp.14 miliar.

Halaman Selanjutnya
img_title