Bojan Hodak: Tekanan untuk Persib Berkurang

Pelatih asal Kroasia (Pengganti Luis Milla), Bojan Hodak
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

JabarPersib Bandung tak mengendurkan ambisinya meski sudah memastikan lolos ke babak Championship Series. Mereka menunjukkan performa menggila dengan mengalahkan Persebaya Surabaya 3-1 pada Sabtu (20/4) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Bojan Hodak Puji Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

David da Silva menjadi sosok kunci dengan memborong tiga gol kemenangan untuk Persib, sementara satu-satunya gol balasan dari Persebaya dicetak oleh Dusan Stevanovic melalui tendangan bebas.

Pertandingan juga diwarnai dengan kartu merah bagi Andre Oktaviansyah dari Persebaya setelah melanggar David da Silva pada menit 52.

Saksikan Live Streaming Persib Bandung vs Borneo FC: Adu Gagah di Pentas BRI Liga 1!

Meski kesulitan hampir sepanjang babak pertama, Persib akhirnya memecah kebuntuan melalui gol David da Silva pada menit 43. Setelah Persebaya kehilangan satu pemain, Persib kembali mencetak gol, dimana pelatih Bojan Hodak mengakui bahwa keunggulan jumlah pemain membuat pertandingan tidak lagi seimbang.

"Ketika mereka mendapatkan kartu merah, pertandingan berjalan satu arah. Jika lebih menekan, kami bisa mencetak gol lebih banyak. Tapi menurut saya, kami cukup mencetak gol untuk bisa menang dan yang terpenting adalah tiga poin. Jadi kami bisa finis di peringkat kedua," ujar Bojan Hodak seperti dikutip dari Liga Indonesia pada Minggu, 21 April 2024.

Bali United Jadi Tim Ketiga yang Lolos ke Championship Series Liga 1

Kepastian lolos ke Championship Series sebelum pertandingan dimulai juga mempengaruhi mentalitas tim. Para pemain Persib dapat bermain lebih lepas di hadapan suporternya sendiri, Bobotoh.

“Saat kami tahu sudah lolos ke zona empat besar itu membuat tekanan yang dirasakan jauh berkurang. Sejak awal musim kami memulai laga dengan tidak baik dan setelah itu ada banyak tekanan yang dirasakan hingga akhirnya sampai di titik ini,” ujar Hodak.